Engine standart dengan filter mekanik masih membutuhkan penyetelan katup dan tujuan penyetelan katup ialah :
Pertama untuk menjamin efisiensi pemasukan campuran bahan bakar dengan udara ke dalam silinder untuk di kompresikan untuk pembakaran untuk memperoleh power yang di harapkan.
Kedua untuk menjamin efisiensi gas bakar untuk keluar dari dalam silinder ke udara bebas melalui exhaust manifol.
Ketiga untuk menjamin kondisi pemasukan dan pengeluaran pada setiap silinder mendekati sama.
Kesalahan pada penyetelan katup dapat dikelompokan seperti berikut :
1. Setelan katup terlalu rapat akan mengakibatkan katup membuka lebih awal, hal ini mengakibatkan tekanan
kompresi rendah dan kehilangan tenaga.
2. Setelan katup terlalu renggang, dapat mengakibatkan katup membuka terlambat, hal ini akan
mengakibatkan kuantitas pemasukan dan pembuangan rendah.
3. Setelan katup antar silinder tidak sama maka pemasukan dan pembuangan tidak sama, hal ini dapat
mengakibatkan engine hanting, karena power antar silinder berbeda sehingga engine bergetar dan suara
katup irreguler.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar